Manusia Kerdil Sumatra

22 04 2010

sehabis baca n komen di http://keajaibanalamdunia.wordpress.com/2010/04/19/ikanduyung/ aku coba jalan2 ke wiki dan nemuin artikel bagus … langsung aja ku bawa kesini.

Orang Pendek adalah makhluk cryptozoolgy yang dipercaya hidup tersebar di beberapa wilayah Sumatera seperti Bengkulu, Palembang dan Jambi. Nama-nama lain yang sering diasosiasikan dengan Orang Pendek antara lain : Atu Pendek, Ijaoe, Sedabo, Sedapa, Sindai, Uhang Pandak, Orang Letjo dan Orang Gugu. Makhluk ini memiliki tinggi hanya sekitar 70 cm, diselubungi oleh bulu gelap. Namun wajahnya relatif tidak diselimuti bulu. Kadang-kadang para saksi mendengar suara-suara aneh yang keluar dari mulutnya.

Mulanya banyak peneliti yang menduga bahwa makhluk ini sesungguhnya adalah seekor kera atau siamang. Namun deskripsi para saksi mengenai perilaku dan cara berjalannya tidak sesuai dengan perilaku kera atau siamang. Lagipula, jejak-jejak kaki yang ditemukan menunjukkan bahwa makhluk ini tidak tergolong kedalam primata yang sudah dikenal.

Ahli Cryptozoology W Osman Hill percaya bahwa Orang Pendek masih memiliki hubungan dengan Homo Erectus dari jawa. Peneliti lain menghubungkannya dengan hobbit dari Flores. Sedangkan penduduk lokal Sumatera percaya bahwa Orang Pendek adalah makhluk yang ramah, yang hanya menyerang hewan-hewan kecil untuk makanan. Karena itu mereka menerima keberadaan makhluk ini dengan toleransi.

Legenda Orang pendek mulai terdengar sejak awal abad 20. Pada tanggal 21 Agustus 1915, Edward Jacobson menemukan sekumpulan jejak misterius di tepi danau Bento, di tenggara gunung Kerinci, Propinsi Jambi. Pemandunya yang bernama Mat Getoep mengatakan bahwa jejak sepanjang 5 inci tersebut adalah milik Orang Pendek.

Pada Desember 1917, seorang manajer perkebunan bernama Oostingh berjumpa dengan Orang Pendek di sebuah hutan dekat Bukit Kaba. Ketika makhluk itu melihatnya, ia bangkit berdiri lalu dengan tenang berjalan beberapa meter dan kemudian naik ke pohon dan menghilang.

Bukan hanya di Kerinci, penampakan makhluk ini juga sempat dilaporkan di wilayah Palembang. Seorang Belanda yang bernama Van Herwaarden menceritakan bahwa ia melihat Orang Pendek di sebuah pohon di utara Palembang pada Oktober 1923. Pertama, Herwaarden bermaksud menembaknya, namun kemudian ia melihat makhluk itu sangat mirip dengan manusia sehingga ia memutuskan untuk membiarkannya. Pengalamannya dipublikasikan di majalah Tropical Nature no.13 yang terbit tahun 1924.

Pada tahun 1924 juga, museum nasional Bogor menerima cetakan jejak yang dipercaya sebagai milik orang pendek, namun akhirnya museum berhasil mengidentifikasi bahwa jejak tersebut adalah milik beruang Melayu yang diketahui kadang memang berdiri dengan dua kaki. Para ilmuwan yang skeptis kemudian menulis keraguan mereka akan keberadaan Orang pendek.

Beberapa tahun kemudian, Museum kembali menerima bangkai yang dipercaya sebagai Orang Pendek. Penemuan ini sempat menjadi headline selama 2 hari karena adanya hadiah yang ditawarkan untuk penemuan bangkai Orang Pendek. Namun kemudian ketahuan ternyata bangkai tersebut adalah milik seekor kera yang dimodifikasi oleh penduduk lokal yang ingin mendapat hadiah.

Minat sains terhadap Orang pendek mulai padam sejak saat itu.

Namun makhluk ini kembali mulai mendapat status internasionalnya pada tahun 1989 ketika seorang penulis Inggris bernama Deborah Martyr menemukan jejak-jejak Orang Pendek di barat daya Sumatera. Jejak-jejak tersebut setara dengan jejak anak kecil berusia 7 tahun. Ia lalu mencetak jejak tersebut dengan gips dan mengirimnya ke badan pemerintahan yang mengurus taman nasional, namun kemudian cetakan itu hilang.

Setelah 5 tahun meneliti, Martyr akhirnya melihat sendiri Orang Pendek di wilayah gunung Kerinci pada 30 September 1994. Makhluk itu terlihat sedang berjalan dengan tenang dengan dua kakinya. Setelah jarak beberapa puluh meter, makhluk itu berhenti sebentar, menoleh ke Martyr, lalu menghilang ke dalam hutan. Sejak penampakan itu, Martyr masih menjumpai makhluk itu dua kali.

Luar biasanya, walaupun Orang Pendek umumnya berhabitat di Kerinci, propinsi jambi, namun penampakan makhluk ini terjadi di hampir seluruh Sumatera.

Pada tahun 1995 ketika gempa besar melanda Liwa, Lampung, beberapa penduduk lokal menyampaikan kepada para pekerja asing bahwa mereka menyaksikan Orang Pendek keluar dari hutan, mungkin takut akibat gempa besar tersebut.

Para peneliti kemudian mulai mendapat kemajuan ketika pada tahun 2001, sekelompok tim ekspedisi amatir dari Inggris yang dipimpin oleh Adam Davies menemukan sekumpulan jejak yang dipercaya milik Orang pendek.

Cetakan jejak kaki tersebut dikirim ke Cambridge untuk dianalisa dan hasilnya jejak tersebut adalah miliki seekor kera dengan campuran karakter gibon, orangutan, simpanse dan manusia.

Dengan adanya segudang laporan penampakan dan contoh rambut serta cetakan jejak kaki, pada September 2009 ini, sekelompok tim peneliti dari Inggris yang bernama Centre for Fortean Zoology (CFZ) berangkat menuju Kerinci untuk mencari keberadaan Orang Pendek.

Saat saya menulis artikel ini, yaitu tanggal 1 Oktober 2009, Tim tersebut masih berada di Kerinci. Tujuan mereka jelas. membawa bukti yang lebih kuat dan meyakinkan mengenai keberadaan Orang Pendek.

Tim yang terdiri dari empat orang ini akan dibantu oleh suku pedalaman setempat (suku kubu) untuk mencari keberadaan makhluk ini. Kepala suku dan banyak dari anggota suku ini telah menyaksikan keberadaan Orang Pendek dengan mata kepala mereka sendiri.

Tim ini berangkat pada awal September 2009. Pada pertengahan September, mereka melaporkan bahwa mereka telah menemukan jejak kaki yang diyakini sebagai milik Orang Pendek. Bahkan dua anggota tim, Dave Archer dan Sahar Didmus mengaku melihat Orang pendek dengan mata kepala sendiri. Menurut mereka, makhluk itu awalnya bersembunyi di belakang pohon, lalu kemudian tiba-tiba berlari dengan dua kakinya masuk lebih dalam ke hutan. menurut Dave, Orang pendek memang memiliki kemiripan dengan simpanse. Bedanya makhluk ini berjalan dengan dua kaki seperti manusia.

Foto berikut dikirim oleh anggota tim sebagai bukti keberadaan makhluk misterius ini.

Dengan adanya perkembangan terbaru gempa di Sumatera yang terjadi pada tanggal 30 November dan 1 Oktober kemarin, Apakah Orang Pendek akan menampakkan dirinya kembali ?

Notes : Oh ya, Deborah Martyr saat ini telah menjadi kepala kelompok konservasi harimau Sumatera di Indonesia.

sumber, wikipedia


Aksi

Information

20 responses

22 04 2010
Thomas

Suku Kubu ya….suku asli sumatra…mereka juga terkenal dengan penguasaan akan ilmu-ilmu semacam magic gitu…kalau nggak salam

salam

http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/22/info-dari-kawan-broloe-mau-blog-loe-kebanjiran-pengunjung-kaga/

22 04 2010
marjikun

buka suku kubu (anak dalam) ini manusia kerdil…

kabarnya sih di taman nasional kerinci seblat

kalo di bengkulu ada tuh namanya Suku Orang Rimba, hampir sama ama suku anak dalam di jambi.

22 04 2010
ramaraka1

Informasi-nya bagus…hanya saja foto-nya kurang dapat mempertegas keberadaan manusia kerdil tersebut. Saya juga pernah mendengar manusia kerdil sumatra…nah di blog Anda ini saya semakin bertambah tahu tentang keberadaannya sekaligus sejarah jaman purba dahulu di Indonesia….tercinta.

22 04 2010
marjikun

foto itu adalah jejak kaki, dicurigai itu jejaknya manusia kerdil… iya nih susah nyari fotonya mas….

18 06 2010
adrian

saya pernah keluar masuk rimba sumatera selatan dan jambi, tapi kami bisa menemukan cuma telapak kakinya saja, banyak diantara kami percaya manusia kerdil kerinci adalah masumai atau sejenis siluman karena rasnya mustahil unutk diketemukan

21 06 2010
marjikun

kalo memang siluman berarti makhluk gaib… dan menurut para tetua makhluk gaib gak akan mungkin memiliki jejak kaki….

16 12 2010
wahyuboez

Dipedalaman kalimantan timur juga santer penampakan mahluk pendek itu, bahakan ada yang ditangkap warga lalu dikurung, tapi sayang pada malam harinya mahluk itu bisa meloloskan diri hingga tidak sempat di ambil gambarnya sebagai bukti, ini terjadi di kecamatan muara wahau kalimantan timur.

11 01 2011
jastra

di Sumatera Utara, tepatnya di Karo, mahluk ini disebut Umang, dgn ciri sama, kerdil dan pendek, bahkan ada gua nya, gua umang. dikampung kakek saya.

31 10 2011
heloz

fotonya kurang lenkap agar membuat sya percaya

25 03 2012
malauminalukman

aku pernah denger dari penumpang ku. kalau manusia pendek itu punya semacam senjata di tangan nya. kalau dia lagi berjalan lalu ada semak atau apa pun yang menghalangi nya, senjata di tangan nya langsung keluar layak nya tulang yang mencuat tapi bergerigi. langsung dehc di babat abis sesuatu yang menghalangi jalan nya itu. mereka seperti layak nya orang biasa namun mempunyai beberapa kelebihan yang tidak kita miliki.mangkanya mereka mampu bertahan hidup dengan tinggi badan 30cm.

21 06 2012
deby nata kristi

mungkin itu sejenis mahluk umang….
dibilang manusia enggak, siluman juga enggak.
tapi kata orang tua jaman dulu umang itu tidak suka dengan keramaian..terus katanya umang juga ada yang baik dan ada juga yang jahat.

5 11 2012
booking hotels

Good day! I could have sworn I’ve been to this website before but after checking through some of the post I realized it’s new to me.
Nonetheless, I’m definitely glad I found it and I’ll be bookmarking and checking back often!

15 11 2012
Rolando

For latest news you have to pay a visit the web and on web
I found this site as a finest web site for most recent updates.

2 01 2013
Singapore SEO

Thank you a bunch for sharing this with all of us you really know what you’re talking approximately! Bookmarked. Kindly also seek advice from my site =). We can have a link trade agreement among us

19 01 2013
http://wikicanarias.com/index.php?title=Benutzer_Diskussion:Daryl1452

Woah! I’m really enjoying the template/theme of this site. It’s simple,
yet effective. A lot of times it’s very hard to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appeal. I must say you have done a awesome job with this. In addition, the blog loads very quick for me on Internet explorer. Outstanding Blog!

13 02 2013
http://google.com

“Manusia Kerdil Sumatra « Marjikun Blog” certainly got myself simply hooked on your internet page!
I reallywill be returning way more frequently. Thank you -Faye

9 04 2013
adrian10fajri

salam kenal..

silahkan berkunjung ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (Pesona Palembang)

21 04 2013
Opioid Addiction Treatment

Have you ever considered writing an e-book or guest authoring on other websites?

I have a blog based on the same ideas you discuss and would
love to have you share some stories/information.
I know my audience would appreciate your work. If you’re even remotely interested, feel free to send me an e-mail.

28 03 2014
New Balance 373

Wonderful article! That is the kind of information that are supposed to be
shared across the web. Disgrace on Google for no longer positioning this publish upper!
Come on over and visit my website . Thank you =)

12 08 2014
athletic dresses on sale

Great blog here! Also your web site loads up very fast!
What host are you using? Can I get your affiliate link to your host?
I wish my website loaded up as fast as yours lol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: